Mungkin karena umur udah 34 (tahun ini 35). Jadinya belakangan lagi agak anxious mikirin langkah berikutnya.

Somehow pengin santai, pengin nikmatin yang dikasih saat ini aja. Pengin udahlah bertahan aja tapi jangan lupa kejar mimpi. Bisa dijalanin barengan kok kalau mau. Tapi ada rasa takut terlena. Takut nyesel kalau ga mencoba. Somehow tau ada kalanya membohongi diri sendiri, dan itu yang kadang jadi bahaya.

Terus ada juga pikiran2 pengin ngikutin aja apa yang udah diajarin sejak lama. Hidup tuh udah ada resepnya. Gak berarti paling sempurna, tapi yang lain jalanin A dan dapetnya gini loh. Tapi ada juga rasa gak kepengen berakhir seperti itu. Udah tau bahwa ada baiknya, tapi tau juga risikonya, buruknya, dan pengin berakhir beda.

Terus mulai mikir, emang idealnya hidup bagi gue itu apa.

Apakah semuanya harus didapatkan sekarang? Apa bisa menunggu?

Semisal menunggu, apakah nanti gue akan tetep bisa dapetin yang gue mau?

Mana yang gak bisa ditunggu? Mana yang musti ada supaya gue bisa berjalan. Tetep ngerasa penuh, tetep ngerasa disayang, tetep ngerasa percaya diri dan bisa belajar percaya sama orang lain.

Pengin bisa tetep berkembang, tapi punya tenaga lebih untuk nolong orang lain juga.

Karena gue merasa ada 3 elemen utama yang membentuk kepercayaan diri seseorang:

  1. Keluarga/Akar
  2. Pekerjaan/Mimpi
  3. Cinta/Pasangan

Gak mungkin semuanya sempurna, tapi yang pengin gue coba usahain adalah gue pengin punya sesuatu yang bikin seneng dan puas, yang gak perlu bikin gue kepikiran atau sedih meski itu sementara, paling gak satu aja di antara 3 itu.

Jadi pelan2 mau menyelesaikan ‘ganjalan2’, yang stuck2 yang mbelibet diberesin, ditinggalin, diomongin, supaya guenya juga bisa lebih berkembang.

Susahnya adalah, ada beberapa urusan yang gak melulu kontrolnya ada di gue. Itulahya susahnya hidup menjadi manusia sosial, penginnya mandiri tapi pasti butuh orang lain dan butuh beradaptasi. Ada juga yang emang udah susah banget dibenerin karena sudah terlalu lama, jadi ada yang gue let go aja dan terima memang gue gak akan pernah bisa seperti yang gue mau.

Tapi masih ada yang bisa diusahain, dan gue pengin fokus ke sana.

Jadi yaudah deh beberapa bulan ini mencoba berusaha mengenal diri sendiri lebih baik, lebih kasih ruang buat insting.

Yang menarik adalah, belakangan ini gue lagi mikir pengin dapet pengalaman baru, pengin nyemplung bidang baru, dan ketemu orang2 baru.

Ini adalah pertama kalinya gue mikir hal kayak gini selama hidup. Seringkali guenya takut keluar dari comfort zone.

So this is important, dan gue lagi mikir gimana caranya mengabulkan harapan gue yang ini dengan cara yang paling baik.

Wish me luck 😀